Filosofi Teh Dan Angkringan Yang Tidak Bisa Terlepaskan

Indonesia tidak bisa terlepas dari kebiasaan minum teh. Minum teh sudah menjadi rutinitas bagi masyarakat Indonesia, tidak terkecuali bagi masyarakat Jogjakarta. Di Jogja setiap warung makan, restoran, dan tempat makan lainnya pasti menyediakan teh sebagai menu minumannya. Apalagi angkringan, teh angkringan sudah menjadi simbol dari angkringan tersebut. Sebagian besar orang pergi ke angkringan selain untuk makan nasi kucing juga untuk ngeteh. Ngeteh di angkringan bukan sekedar pelepas dahaga semata. Teh angkringan juga menjadi simbol kerukunan dari keberagaman, tempat ngobrol yang ringan sampai ngobrol tentang negara dan lain sebagainya.

Teh dan Angkringan
Menu angkringan sangat beragam, mulai dari nasi kucing, gorengan, macam-macam sate, tahu tempe bacem, ceker, kepala ayam, dan lain-lain. Menu di angkringan biasanya sudah dimasak terlebih dahulu sehingga tidak perlu menunggu lama, bisa langsung ambil makanan yang kita mau. Harga satu porsi nasi kucing di angkringan beda-beda, tergantung tempat saat kita makan. Kalau di sekitar kampus tempat saya kuliah harganya 1.500 rupiah. Cukup makan 2-3 nasi kucing sudah kenyang dan tidak menguras kantong. Beda lagi kalau di tempat-tempat wisata, harganya lebih mahal. Wajar sih, mungkin pedagang angkringan juga lebih mahal buat sewa tempatnya.

Baca Juga:

Selain nasi kucing berikut harga-harga makanan di angkringan. Harga yang saya tulis tidak pasti segitu jadi tulis mulai dari harga yang paling murah yang pernah saya temui.

Nasi Kucing: mulai 1500
Gorengan: mulai 500
Macam-macam sate: mulai 1000
Bacem tempe/tahu: mulai 1000
Minuman:  mulai 2000


Masih banyak menu lainnya. Harga makanan dan minuman biasanya tidak lebih dari 5000 rupiah. Selamat makan di angkringan.

No comments:

Post a Comment