10 Negara Penghasil Teh Terbesar Di Dunia, Indonesia termasuk apa tidak?


Kebun Teh
Teh merupakan minuman terpopuler kedua setelah kopi. Minuman ini sudah ada sejak berabad-abad yang lalu dan masih menjadi kegemaran banyak orang di dunia tidak hanya di Indonesia saja. Negara penghasil teh terbesar kebanyakan dari Asia seperti Sri Langka, Vietnam, Jepang, Cina India maupun Indonesia. Selain Asia ada juga dari Afrika dan Amerika.

Teh merupakan salah satu perkebunan strategis. Konsumsi teh setiap tahunnya pasti selalu meningkat. Bahkan dibeberapa negara, minum teh sudah menjadi kebudayaan yang sangat erat sekali dengan kehidupan sehari-hari.

Berikut 10 negara penghasil teh terbesar di dunia. Berdasarkan data yang diambil dari USA Tea Association.

10. Banglades


Bangladesh
Perkebunan teh di Bangladesh bermula pada tahun 1840 ketika Inggris menjajah Bangladesh dan membuat perkebunan teh di daerah Sylhet dan masih menjadi sentra perkebunan teh sampai saat ini. Walaupun pada masa perang kemerdekaan sempat mengalami kehancuran , namun pada tahun 1990 dilakukan pembenahan besar-besaran dan kembali menjadi penghasil utama teh.

Produksi teh pada tahun 2015 mencapai 66 ribu ton dan pada tahun 2016 meningkat sangat tajam menjadi 85 ribu ton. Sebagian besar hasil produksi untuk memenuhi pasar dalam negeri.

9. Jepang


Jepang
Jepang merupakan negara yang terkenal dengan budaya minum tehnya dan merupakan negara pertama penghasil teh berdampingan dengan Cina. Teh sudah ada pada masa Dinasti Tang. Catatan tertua tentang minum teh ditemukan sekitar tahun 815 dalam monogrof Eisai.

Di Jepang minum teh merupakan ritual yang sangan penting yang biasa kita kenal dengan “Upacara Minum Teh”. Salah satu produk olah teh di Jepang yang sangat terkenal yaitu teh hijau.

Produksi teh Jepang sekitar 79 ribu ton pada tahun 2015, kemudian pada tahun 2016 meningkat menjadi 80 ribu ton.

8. Argentina


Argentina
Teh masuk ke Argentina sekitar tahun 1920-an, perkembangannya relatif masih baru dibandingkan dengan negara penghasil teh lainnya. Benih teh didatangkan dari negara Rusia. Pada tahun 1951 perkembangan teh di Argentina mulai pesat ketika pemerintah melarang impor teh.

Produk teh terbesar di Argentina ialah teh hitam, produk teh hijaunya hanya sekitar 1% saja. Teh yang terkenal di Argentina dan beberapa negara di Amerika latin yaitu “mate tea”. Mate tea merupakan teh yang diseduh dengan herbal lainnya dan disajikan dalam cangkir kayu dan sedotan yang terbuat dari logam.

Pada tahub 2015 produksi teh di Argentina mencapai 83 ribu ton dan mengekspor sekitar 34% hasil produksinya. Argentina merupakan negara penghasil teh terbesar di benua Amerika .

7. Indonesia


Indonesia
Teh pertama kali datang ke Indonesia dibawa oleh Jepang pada tahun 1684. Namun pada saat itu kurang berkembang dengan baik. Beberapa abad kemudian tepatnya pada tahub 1877 teh didatangkan dari Sri Langka. Teh yang dibawa dari Sri Langka lebih cocok ditanam di Indonesia dan berkembang sangat pesat.

Jawa Barat merupakan penghasil teh terbesar di Indonesia sekitar 70% dan ditanam didataran tinggi dan basah. Lebih dari 50% dari hasil produksi teh di Indonesia di ekspor ke luar negeri akan tetapi Indonesia juga ikut mengimpor teh dari luar.

Pada tahun 2015 Indonesia memproduksi sekitar 129 ribu ton teh dan menjadikan Indonesia negara pengasil teh terbesar ke-7 di dunia.

6. Vietnam

Vietnam
Produksi teh Vietnam pada tahub 2015 mencapai 170 ribu ton dan sekita 60% lebih dari jumlah total di olah menjadi teh hijau. Masyarakat Vietnam sangat menyukai teh yang ringan seperti teh hijau. Ada juga teh hitam dan scented tea, yaitu teh yang diolah dengan bunga-bungaan atau herbal untuk menambahkan aroma.

Sejarah teh di Vietnam sama seperti di Jepang dan Cina, hanya saja catatan sejarah teh di Vietnam tidak sebaik Jepang dan Cina. Perkembangan teh di Vietnam sempat terbengkalai akibat perang Vietnam dan perang Indocina. Pada tahun 90-an kembali bangkit setelah menggandeng Taiwan, Jepang, Irak dan Inggris untuk mengembangkan teh.

Baca juga: 4 Merk Teh Hijau Asli Indonesia Yang Mudah Dicari

5. Turki

Turki
Tidak hanya negara penghasil teh terbesar. Turki juga merupakan salah satu negara debagai peminum teh terbanyak di dunia, yaitu sekitar 2,5 kg perorang pertahun kemudian orang Inggris 2,1 kg perorang pertahun.

Turki mengenal teh saat aktivitas perdagangan jalur sutra sekitar tahun 1500-an. Akan tetapi budaya minum teh mulai berkembang pada tahun 1900-an ketika Mumahham Izet yang merupakan gubernur Adana mempublikasikan manfaat teh untuk kesehatan. Produksi teh Turki mencapai 259 ribu ton pada tahun 2015.

4. Sri Langka

Sri Langka
Berdasarkan data International Tea Committe, pada tahun 2015 Sri Langka memproduksi 329 ribu ton teh. Menempatkan Sri Langka sebagai penghasil teh no-4 di dunia.

Padalah sebelumnya Sri Langka lebih dikenal negara penghasil kopi. Namun pada tahun 1886 perdagangan kopi memburuk. Saat itu kolonial Inggris sebagai penjajah Sri Langka mulai mengembangkan perkebunan teh.

Di Indonesia sendiri teh dari negara ini biasa di tempatkan di rak-rak teh premium, karena Sri Langka merupakan penghasil Teh Hitam terbaik dan menjadi komuditas utama teh dari Sri Langka.

3. Kenya

Kenya
Pada tahun 1920-an Kenya mulai usaha teh secara komersil. Pada saat itu Kenya merupakan negara penghasil teh hitam utama bersama Sri Langka. Teh hitam produksi negara ini sebagian besar untuk keperluan ekspor ke luar negeri.

Produksi teh Kenya pada tahun 2015 mencapai 399 ribu ton, terpaut sedikit di bawah Sri Langka.

2. India

India
Awalnya teh di India dikonsumsi sebagai sayuran, biasa dimakan bersama minyak dan bawang putih. Pada saat penjajahan Inggris sekitar tahun 1820-an, membuka perkebunan dan pengolahan teh.
Budaya minum teh di India sangat khas dan cukup unik, di India daun teh disedub bersamaan dengan susu dan gula.

India merupakan negara penghasil teh kedua di dunia dengan produksi teh mencapai 1,2 juta ton pada tahun 2015.

1.  Cina

Cina
Budaya minum teh di Cina sudah berlangsung sekitar 2000 tahun yang lalu. Karena budaya minum teh di negara ini sudah sangat tua, tidak heran apabila kedai teh di Cina menyajikan teh dengan cara yang sangat rumit. Bahkan beberapa acara minum teh dikemas seperti acara ritual.

Cina merupakan penghasil teh no. 1 di dunia. Pada tahun 2015 produksinya mencapai 2,23 juta ton hampir dua kali lipat dari India.

No comments:

Post a Comment