6 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong yang Jarang Diketahui

Minum teh memiliki banyak manfaat untuk tubuh salah satunya meningkatkan metabolisme dan imunitas dalam tubuh apabila dikonsumsi pada waktu yang tepat. Minum teh pada pagi hari saat perut masih kosong ternyata bukan waktu yang tepat.

Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong
Minum teh pada saat perut kosong malah membahayakan tubuh. Hal itu terjadi karena teh mengandung kafein yang berakibat menghancurkan pencernaan dan memicu asam lambung saat perut kosong.

Berikut bahaya minum tes saat perut kosong yang diambil dari berbagai sumber:

1. Kembung dan Lelah

Minum teh susu di pagi hari saat perut kosong akan berakibat perut menjadi kembung. Susu yang mengandung laktosa yang tinggi dapat mempengaruhi kinerja usus akibatnya gas menumpuk di perut. Teh susu juga mengakibatkan suasana hati tak menentu dan membuat tubuh jadi lelah.

2. Mual dan Cemas

Dikutip dari Boldsky, minum teh saat perut kosong pada pagi hari dapat mempengaruhi kerja empedu yang menyebabkan perut mual. Kandungan kafein dalam teh juga akan menimbulkan kegelisahan saat mengkonsumsinya dalam keadaan perut kosong.

3. Erosi Gigi

Minum teh pada pagi hari dapat mengikis enamel gigi. Itu terjadi akibat bakteri di mulut merusak gula yang menyebabkan peningkatan kadar asam sehingga enamel gigi terkikis.

Baca Juga: Manfaat Teh Tawar yang Jauh Lebih Besar Dibandingkan Teh Manis

4. Dehidrasi

Teh dapat menghilangkan kadar air dalam tubuh karena bersifat diuretik. Pagi hari saat bangun tidur, tubuh kita sudah mengalami dehidrasi, apabila kita langsung minum teh saat perut kosong akan memicu dehidrasi yang lebih parah dan bisa berakibat kram perut.

5. Mengurangi Penyerapan Zat Besi

Orang yang menderita anemia disarankan tidak minum teh saat perut kosong. Minum teh, khususnya teh hijau dapat menurunkan kemampuan tubuh menyerap zat besi secara alami.

6. Mengganggu Aktivitas Metabolik

Ketidakseimbangan zat asam dalam perut bisa terjadi akibat minum teh saat perut masuh kosong. Bisa juga merusak aktivitas metabolik yang akan memicu bahaya lain.Jika ingin minum teh pada pagi hari, sebaiknya sarapan terlebih dahulu. 

No comments:

Post a Comment