Manfaat dan Efek Samping Teh Daun Jati Cina

Daun alexandria senna/ daun senna atau lebih populer dengan nama teh daun jati cina, nama ilmiahnya Cessai Angustilofia. Teh daun jati cina sudah lama dikenal dan digunakan sejak berabad-abad yang lalu. Pada abad ke-9 digunakan sebagai obat pencahar alami oleh tabib (dokter) di Arab kala itu.

Teh Daun Jati Cina
Teh daun jati cina adalah tumbuhan jenis semak halus dan bisa tumbuh sampai 3 meter. Daun ini memiliki tangkai berwarna hijau dipenuhi daun halus berwarna hijau kelabu dengan daun berbentuk lonjong. Daun ini mengandung zat laxative atau pencahar sehingga dari dulu daun ini digunakan sebagai obat pencahar.

Teh daun jati cina selain digunakan sebagai obat pencahar juga memiliki manfaat lain yaitu dapat menurunkan berat bedan dan melangsingkan tubuh. Saat ini tidak jarang orang yang ingin berat badannya turun mengkosnsumsi daun teh jati secara teratur.

Manfaat lainnya dari teh daun jati adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan berat badan
  2. Mengurangi kolesterol
  3. Membersihkan darah kotor
  4. Mengecilkan perut
  5. Membuang racun dalam tubuh
  6. Bagi penderita obesitas sebagai peluntur lemak
  7. Melancarkan pencernaan
  8. Detoksifikasi alami

Baca Juga: Teh Secang - 23 Manfaat dan Cara Sederhana Membuat Teh Secang

Efek samping

Teh Jati Cina
Perut terasa mulas pada 2 sampai 3 hari minum pertama, bisa jadi anda akan BAB 3 kali sehari tergantung pola makan kita sehari-hari. Proses ini dinamakan Detoxinasi.

Tidak disarankan diminum oleh perempuan yang sedang haid, karena bisa mengalami PMS syndrom sehingga perut terasa kembung, kencang, dan bisa menambah ketidaknyamanan saat haid.

Cara Penyajian

  1. Untuk 1 gelas air panas dimasukan 1 sendok daun teh jati.
  2. Biarkan beberapa menit hingga air seduhan menjadi warna kecoklatan.
  3. Saring daun teh jati.
  4. Teh daun jati cina bisa langsung dinikmati.
Teh Daun Jati Cina

No comments:

Post a Comment