Sejarah Awal Mula Teh Berawal dari Ketidaksengajaan Pada Tahun 2735 Sebelum Masehi di Cina

Sejarah Teh 

Sejarah Teh di Cina
 TEH, banyak pengucapan atau pengejaan berbeda diberbagai negara berasal dari satu kata tunggal yaitu ‘TE’, yang artinya ‘teh’ dalam dialek Cina Amoy. Dalam bahasa Cina nasional dikenal dengan ‘cha’ yang juga banyak bahasa turun berbeda-beda di setiap negara.

Awal mula teh yaitu dari cerita legenda yang ada di Cina. Legenda yang cukup terkenal saat Kekaisaran Shen Nung sekitar tahun 2735 sebelum masehi atau sekitar 5 abad yang lalu. Cerita bermula saat Kaisar Shen Nung akan minum air panas, saat itu panci yang berisi air mendidih dijatuhi beberapa daun yang jatuh dari pohon yang tertiup angin.

Sejarah Awal Mula Teh
Sang Kaisar ingin mengetahui air yang dijatuhi dedaunan tersebut dan memutuskan untuk mencicipinya. Tidak lama kemudian Sang Kaisar merasakan air rebusan daun yang sedap dan menyegarkan tubuh.

Tidak dapat dipungkiri negera Cina merupakan tempat lahirnya teh, disana pohon teh (Camellia sinensis) ditemukan. Bertepat di provinsi Yunan, Cina bagian barat. Daerah tersebut memiliki iklim tropis dan sub-tropis yang hangat dan lembab sehingga cocok bagi tanaman teh. Disana bahkan ada teh yang tumbuh liar berumur 2700 tahun yang lalu, selebihnya tanaman teh yang ada mencapai usia 800 tahun.

Baca jugaSepuluh Negara Penghasil Teh Terbesar Di Dunia, Indonesia termasuk apa tidak?

Sekitar abad ke-8 sebelum masehi (SM) teh Cina digunakan untuk bahan obat-obatan. Pada waktu itu orang-orang di Cina bukan meminumnya akan tetapi mengunyahnya. Tidak hanya itu, teh juga sering disajikan dengan berbagai jenis makanan dan racikan dalam membuat sop.

Pada abad ke-2 SM sampai abad ke-8 masehi, teh sudah mulai diolah dengan cara yang sangat sederhana, dibuat bulat, dikeringkan dan kemudian disimpan. Teh mulai dijadikan sebagai minuman, ada juga teh yang dikombinasikan dengan ramuan seperti jahe yang masih menjadi kebiasaan sampai sekarang.

Lebih dari hanya sekedar minuman, teh juga digunakan sebagai tradisi untuk menjamu para tamu. Setelah zaman Dinasti Ming, ragam dan jenis teh mulai ditemukan. Jenis teh yang termasuk populer banyak dikembangkan di daerah Fukien (Fujian) dan Canton (Guandong).

Budaya Minum Teh di Cina
Budaya Cina terhadap kebiasaan minum teh pun mulai menyebar bahkan melekat erat pada setiap sendi lapisan masyarakatnya hingga saat ini. Tidak hanya di Cina saja kebudayaan minum teh sudah menyebar sampai ke penjuru dunia bahkan Indonesia sendiri.

No comments:

Post a Comment