Juara Wisata Kebun Teh di Jawa Barat yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur

Banyak dataran tinggi di Jawa Barat dimanfaatkan petani atau warga sekitar untuk daerah pertanian dan perkebunan. Salah satu perkebunan yang sering kita jumpai di Jawa Barat ialah perkebunan teh. Perkebunan teh merupakan salah satu sumber mata pencaharian di Jawa Barat.

Kebun Teh
Tehnya tidak hanya dimanfaatkan  untuk diolah atau dijual saja, pemandangan perkebunan teh yang menawan juga menjadi daya tarik wisatawan sebagai destinasi untuk berlibur.

Berikut kebun teh di Jawa Barat yang sering dikunjungi wisatawan:

Kebun Teh Rancabali

Kebun Teh Rancabali
Kebun Teh Rancabali berada pada ketinggian 1.628 mdpl terletak di daerah Ciwidey, Bandung Selatan. Di perkebunan Teh Rancabali kita dapat menyaksikan hamparan pepohonan berkelok-kelok dan berbukit-bukit yang akan menyegarkan mata yang melihatnya.

Kebun Teh Rancabali berada di pinggir jalan dengan susunan kebun teh yang rapat sehingga memperindah pemandangan saat melintasinya. Tidak hanya itu, di kebun teh ini terdapat air terjun bertingkat di tepi pepohonan yang melengkapi keindahan kebun teh ini.

Untuk menambah wawasan dan pengalaman saat ke Kebun Teh Rancabali bisa mengikuti tur mengunjungi pabrik teh hanya dengan biasanya 5000 rupiah saja perorangnya. Apabila ingin menggunakan jasa pemandu wisata akan dikenakan biaya tambahan 30.000 rupiah. Dalam kunjungan kita akan mendapat pengalaman tentang proses menanam teh, pembibitan, pembukaan lahan, pemeliharaan, pemetikan, pemangkasan, hingga pengolahan teh. Tidak ada salahnya berwisata sambil belajar tentang teh.

Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat


Maps: Klik disini

Kebun Teh Malabar

Kebun Teh Malabar
Kebun Teh Malabar terletak pada ketinggian 1550 mdpl dengan suhu rata-rata 16-26 derajat celcius. Jaraknya sekitar 45 km ke sebelah selatan Kota Bandung atau sekitar 2 jam perjalanan.

Di perkebunan Teh Malabar yang berada di daerah Pangalengan, Bandung Selatan, kita tidak hanya berwisata melihat pemandangan kebun teh saja. Tetapi kita melihat napak tilas sejarah kehidupan Bosscha. Bosscha merupakan sosok yang sangat berperan penting untuk pembangunan teknologi di Bandung saat penjajahan Belanda terhadap Indonesia.

Di perkebunan ini kita bisa mengunjungi Gunung Nini tempat Bossca biasanya menenangkan pikiran, tidak hanya itu terdapat pula makan dan rumah peninggalan Bosscha. Bagi pengunjung yang ingin menginap di Kebun Teh Malabar juga tersedia Guest House yang bisa di sewa.

Alamat: Jl. Sindangsirna no. 4 Bandung, Jawa Barat
Maps: Klik disini

Kebun Teh Sukawana

Kebun Teh Sukawana
Tidak hanya hamparan kebun teh saja yang bisa kita lihat dari Perkebunan Sukawana, kita juga bisa melihat indahnya pemandangan gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Burangrang. Kebun Teh Sukawana terletak di Bandung Barat, tepatnya di daerah Parongrong. Walaupun tidak seluas perkebunan teh lainnya, pemandangan perkebunan teh ini bisa memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Harga tiket masuk Kebun Teh Sukawana sebesar 10,000 rupiah perorang. Wisatawan sudah bebas mengeksplor setiap sudut perkebunan. Bagi yang suka nge-camp tempat ini bisa menjadi salah satu rekomendasi karena tidak ada biaya tambahan.

Alamat: Karyawangi, Parongrong, Lembang, Bandung.
Maps: Klik disini

Baca Juga: Harga Teh di Kedai Lokalti, Kedai Teh No.1 di Jogja 

Kebun Teh Gunung Mas

Kebun Teh Gunung Mas
Apabila kita melakukan perjalan dari Bogor ke Cianjur pasti akan melewati Perkebunan Teh Gunung Mas ini. Lokasi perkebunan ini berada di daerah Puncak Bogor sampai masuk perbatasan Cianjur.

Apabila kita berwisata di kebun teh ini kita bisa langsung memetik teh dan menikmati hasil petikannya. Selain bisa menikmati perkebunan teh dengan berjalan kaki, kita juga bisa mendapatkan pengalaman lain dengan cara menunggang kuda menelusuri tiap sudur perkebunan teh. Dari perkebunan ini juga kita bisa menikmati indahnya pemandangan Gunung Gede dan Gunung Salak.

Alamat: Jl. Raya Puncak KM.87, Tugu Sel., Cisarua, Bogor, Jawa Barat
Maps: Klik disini

Kebun Teh Cianten

Kebun Teh Cianten
Di Perkebunan Teh Cianten selain bisa menikmati pemandangannya dengan cara berjalan kaki. Kamu yang suka olahraga sepeda dengan melintasi trek kebun teh yang sangat menantang menelusuri jalan tanah dan bebatuan serta banyak tanjakan dan turunan yang memicu adrenalin.

Selain kita bisa menikmati olahraga ekstrim menggukan sepeda, di kebun teh ini juga terdapat lapangan yang bisa kita gunakan untuk camp atau hanya sekedar piknik menggelar sebuah tikar.

Alamat: Bantar Karet, Nanggung, Bogor, Jawa Barat
Maps: Klik disini

Kebun Teh Cikuya

Kebun Teh Cikuya
Di perjalanan menuju Kebun Teh CIkuya kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pegunungan dan dan pantai secara langsung. Apalagi kalau berkunjung ke kebun teh ini pada sore hari, kamu akan menyaksikan sunset dari tempat ini.

Kebun Teh Cikuya berada di daerah Cibeber Banten. Bagi warga Banten dan sekitarnya tidak usah jauh-jauh ke Puncak, Bogor apabila ingin pergi ke kebun teh. Perkebunan Teh Cikuya ini dibuka sekitar tahun 2006 olej PT. Harendong Green Farm dengan luas sekitar 120 Ha.

Alamat: Hegarmanah, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten
Maps: Klik disini

Kebun Teh Bukit Kecapi

Kebun Teh Bukit Kecapi
Apabila ingin berenang dengan latar pemandangan kebun teh, Kebun Teh Bukit Kecapi tempatnya. Karena tidak jauh dari kebun teh terdapat kolam renang dengan pemandangan yang sangat mengesankan. Tidak hanya itu, terdapat pula gazebo untuk bersantai bersama keluarga atau kerabat.

Kebun Teh Bukit Kecapi lokasinya sekitar 45 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Biasanya pada akhir pekan kebun teh ini banyak dikunjungi wisatawan, jadi apabila ingin suasana yang lebih sepi,  hindari waktu tersebut saat liburan.

Alamat: Kurjati, Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat
Maps: Klik disini


No comments:

Post a Comment