Manfaat, Kandungan dan Cara Membuat Teh Daun Kelor dari Tea-Teh.com

Daun Kelor
Dunia ini tak selebar daun kelor. Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan peribahasa ini. Tapi apa sih itu daun kelor? Tumbuhan kelor dengan nama latin Moringan Oleifera termasuk tumbuhan dari suku Moringaceae. Tinggi pohonnya bisa mencapai 7 sampai 11 meter dengan daun berbentuk bulat lonjong dengan ukuran kecil dan tersusun majemuk di dalam satu tangkai. Warna bunganya kekuning-kuningan dan mekar sepanjang tahun. Buahnya berbentuk segitiga yang memanjang sering digunakan sebagai bahan masakan.

Baca Juga: Manfaat dan Efek Samping Teh Daun Jati Cina

Sudah sejak lama orang Indonesia menggunakan daun kelor entah itu untuk sayuran atau sebagai obat tradisional. Khasiatnya pun tidak main-main yaitu sebagai anti kanker, menurunkan berat badan, mengatasi gangguan pencernaan, melawan mual, diare, dan sebagai herbal untuk diabetes.

Kandungan gizi pada daun kelor cukup banyak, sekitar 500 gram daun kelor mengandung vitamin C, vitamin B,  vitamin K, provitamin A, protein dan mangan. Bahkan menurut ahli, kandungan vitamin C pada daun kelor 4 kali lebih banyak dibandingkan dengan buah jeruk.

Teh Daun Kelor

Cara membuat teh daun kelor

  1. Satu sendok teh daun kelor kering dimasukan kedalam 1 gelas air panas (300-350 ml).
  2. Tunggu sekitar 3-5 menit kemudian saring daun kelornya.
  3. Anda bisa menambahkan bahan lain seperti madu.
  4. Teh daun kelor siap untuk disajikan

No comments:

Post a Comment