Jangan Sembarangan Menyeduh Teh, Perhatikan 4 Eleman Ini Agar Mendapat Kualitas Seduhan Terbaik

Salah satu kunci kualitas seduhan teh yang terbaik yaitu jenis air, temperatur, dan lama penyeduhan. Berikut tips dari A. N. Gunarto pemilik Tea Et Al, yang merupakan salah satu kafe di Jakarta yang menyediakan berbagai kombinasi racikan teh.

Menyeduh Teh

Jenis Air

Jenis Air
Jenis air yang cocok untuk menyeduh teh adalah air yang tidak mengandung banyak mineral seperti soft water atau purified. Apabila menggunakan air dengan kualitas buruk akan menghilangkan aroma dan citarasa dari teh karena banyak jenis teh yang memiliki aroma dan cita rasa yang ringan.

Temperatur atau Suhu Air

Temperatur
Ada beberapa jenis teh yang cenderung sangat rapuh, sehingga temperatur akan sangat mempengaruhi aroma, rasa, dan keasaman dari seduhan teh. Maka dari itu temperatur sangat krusial untuk mengekstrak kualitas terbaik dari teh.

Baca Juga:  4 Tips Menyeduh Teh Agar Manfaat Dan Kesegarannya Terjaga

Penyimpanan Teh

Penyimpanan Teh
Penyimpanan teh juga merupakan komponen penting, karena apabila tidak disimpan dengan benar kualitas teh akan rusak dan manfaatnya akan hilang. Maka dari itu simpan teh pada suhu konstan dan kemasan yang kedap udara. Selain itu hindarkan dari panas, cahaya matahari langsung, udara lembab, dan bau yang menyengat. 

7 tips cara menyimpan teh yang benar KLIK DI SINI.

Lama Penyeduhan

Lama Penyeduhan
Sudah kita ketahui bahwa semakin lama teh diseduh maka semakin pekat dan pahit seduhannya, sehinggan mengakibatkan ketidakseimbangan rasa. Harus diperhatikan juga, daya infusi dari setiap jenis teh berbeda-beda.

Berikut adalah cara yang tepat saat menyeduh teh agar menghasilkan kualitas seduhan yang terbaik:

Jenis Teh
Temperatur (Celcius)
Lama Penyeduhan (menit)
Teh Hijau
74-80
1-3
Teh Hitam
96-98
3-5
Teh Putih
80-85
2-4
Teh Oolong
85-90
2-4
Teh Herbal
100 (mendidih)
5-7
Teh Pu-erh
100 (mendidih)
0,5-2

No comments:

Post a Comment