Teh Poci dan Poci Sebagai Penambah Kenikmatan

Teh Cap Poci
Teh Tubruk Melati Poci

Pabrik teh di Tegal yang menguasai pasar dalam negeri salah satunya adalah Teh Cap Poci. Iya, teh ini sangan populer sekali di masyarakat Indonesia terutama di Pulau Jawa. Berdiri sekitar tahun 1940-an Teh Cap Poci ini masih tetap eksis sampai sekarang bahkan sudah melekat dibenak masyarakat Indonesia.

Teh Cap Poci berasal dari gabungan antara teh dan poci. Poci merupakan alat minum berupa ceret dan gelas yang terbuat dari tanah liat. Menurut sejarah penggunaan poci merupakan salah satu cara yang dikembangkan oleh masyarakat Cina. Budaya minum di Tegal sendiri dibawa oleh imigran dari Cina yang menetap di Tegal.


Baca juga: Teh Gopek

Karakteristik Cap Teh Poci ini lebih dominan harum melatinya dibandingkan teh merk lainnya. Memiliki rasa sepat dan kekentalannya cukup. Ada kepercayaan setelah menggunakan poci dalam menyajikan teh, bagian dalam poci tidak usah dibersihkan. Hanya dibuang daun hasil penyajiannya saja. Semakin tebal lapisan keraknya akan memberikan rasa yang lebih nikmat. Bahkan kalau sampai bertahun-tahun poci yang digunakan keraknya semakin tebal, nilai jual pocinya akan semakin mahal. Bahkan dicari penikmat teh sampai ke luar negeri
Poci Set (Sumber Foto: tripadvisor.com)

Dalam budaya menikmati teh salah satunya Teh Cap Poci ini ada istilah yang sering digunakan para penikmat teh yaitu wasgitel. Wasgitel merupakan singkatan dari wangi, panas, sepet, legi (manis), dan kentel. Maksudnya kriteria teh yang harum bunga melati. Disajiakn saat masih panas dengan menggunakan poci. Agak sepet saat diminum, ditambah gula batu agar terasa manis, dan kentel teh nya pas.


Produk-produk Teh Cap Poci sangat mudah ditemui. Mulai dari supermarket, minimarket, pasar tradisional bahkan ditoko kelontong dan warung-warung. Produknya mulai dari teh tubruk, teh celup bahkan waralaba teh siap sudah banyak kita jumpai. Disamping memproduksi teh, Teh Poci juga membuka peluang usaha bagi yang mau bekerja  sama dengan sistem frainchise. -H2R- 

2 comments:

  1. terima kasih atas artikelnya, Untuk mendapatkan berbagai jenis Teh Poci & Poci Tanah Liat nya di area jabodetabek bisa menghubungi kami PT. Gunung Slamat cabang Jakarta di nomer (021)6506859. Atau bisa langsung datang ke kantor kami di jalan Agung Karya V blok A No. 17 - Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Distributor teh poci tubruk kota solo dimana ya?

    ReplyDelete