Teh Hitam Kaligua Produk PT.Perkebunan Nasional IX (Persero)

Teh Hitam Kaligua 
Teh Kaligua
Salah satu produk teh PT. Perkebunan Nasional IX (Persero) adalah Teh Kaligua. Teh Kaligua dihasilakn dari daun teh pilihan dari Perkebunan Argowisata Kaligua di Desa Pandansari, Kec. Pangguyungan, Kab. Brebes Jawa Tengah.

Perkebunan teh Kaligua adalah warisan Kolonial Belanda. Pabrik pengolahan teh dibangun sekitar tahun 1889 untuk memproses hasil daun teh menjadi teh hitam. Pada awal berdiri kebun teh dikelola oleh warga Belanda bernama Van De Jong dengan nama perusahaan John Fan & Pletnu.


Perkebuna Teh Kaligua ada pada ketinggian sekitar 1200 – 2000 mdpl dengan suhu  8oC – 22oC pada musim hujan dan 4oC – 12oC  pada musim kemarau. Jadi hampir setiap hari perkebunan teh inu selalu diselimuti kabut yang tebal. Perkebunan Teh Kaligua terletak lereng barat Gunung Slamet.
Serbuk Teh Hitam Kaligua
Karakteristik Teh Kaligua menurut saya hampir mirip dengan Teh Sumatra dari Medan. Serbuk tehnya lebih halus dan sudah tidak terlihat seperti daun teh. Wanginya khas dan mempunya hasil seduhan teh berwarna hitam. Teh ini cocok diminum panas maupun dingin. Bisa juga dicampur susu menjadi teh susu yang mirip dengan teh susu yang sudah dikemas dengan botol.


Pemasarannya cukup luas tidak hanya diwilayah Brebes dan sekitarnya. Tetapi sudah merambah pasar Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta. Jadi, untuk yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta bisa menikmati teh ini dengan membeli di penjual sekitar anda. Tapi untuk wilayah diluar pemasaran bisa mencarinya di toko online. -H2R-
Teh Kaligua Kemasan 100gr

No comments:

Post a Comment