7 Tips Menyimpan Teh Agar Manfaatnya Tidak Hilang Dan Kesegarannya Terjaga

Teh merupakan minuman berbahan dasar alami yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh kita. Misalkan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang salah satu manfaatnya untuk mengurangi kolesterol, bahkan untuk program diet teh ini sangat dianjurkan sekali. Banyak lagi jenis teh lainnya yang juga memiliki banyak manfaat.
Wadah Teh
Teh terbuat dari bahan-bahan alami tanpa tambahan kimia. Salah satu tambahannya misal teh melati, hanya ditambahkan bunga melati sebagai penambah aroma pada teh. 

Selain berbahan baku alami, proses pengolahan teh juga masih alami yaitu dengan cara pengeringan. Maka dari itu dibutuhkan tips-tips agar teh yang kita beli tidak gampang rusak. Berikut tujuh tips agar teh yang kita seduh tetap segar: 

1. Simpan ditempat kering

Sudah dijelaskan tadi proses pembuatan teh yaitu dengan cara pengeringan. Maka teh yang belum diseduh harus dijauhkan dari tempat yang lembab. Agar teh tidak cepat busuk dan merusak kesegaran teh. Jangan menyimpan teh di dalam kulkas dan tidak menyimpan teh dekat dengan westafel.  

2. Simpan ditempat tertutup

Simpan teh didalam tempat tertutup. Sebaiknya teh disimpan di toples berbahan dasar kaca agar teh tetap kering dan kedap udara. 

3. Jauhkan dari bau menyengat

Teh bisa menyerap bau yang menyengat dan menghilangkan kesegaran teh yang akan diseduh. Pastikan teh jauh dari bahan makanan berbau tajam seperti bawang, durian, terasi dan lain sebagainya. Jauhkan juga dari bau tajam non-makanan seperti minyak, gas, dan lain sebagainya.


Saran Toples Teh Terbuat Dari Kaca 

4. Hindari dari udara terbuka

Udara terbuka bisa mempengaruhi aroma, rasa, dan manfaat yang terkandung dalam teh. Teh yang sudah teroksidasi dengan udara manfaat antioksidannya akan berkurang bahkan hilang. 

5. Perlindungan ganda pada toples

Apabila dikhawatirkan menyimpan teh dengan toples kaca kurang maksimal. Anda bisa membungkus terlebih dahulu tehnya menggunakan alumunium foil. Baru kemudian dimasukan ke dalam toples. 

Read More:

- Cara Sederhana Membuat Teh Ala Anak Kos Untuk Memenani Musim Hujan
18 Merk Teh Melati Lokal Indonesia Serta Karakteristiknya Menurut Kedai Lokalti

6. Hindari dari cahaya matahari dan panas

Selain tidak menyimpan teh ditempat yang lembab dan harus kering. Harus dipastikan juga tidak terkena cahaya dan panas matahari. Karena bisa membuat aroma dan rasa teh berubah dan dapat menghilangkan kesegaran teh. 

7. Jangan membeli teh dalam jumlah banyak

Apabila kita jarang meminum teh, diusahan membeli teh secukupnya untuk satu minggu sampai sebulan saja. Karena kalau salah menyimpannya bisa jadi kandungan tehnya berubah dan manfaatnya berkurang. Untuk satu cangkir teh bisa dibuat dengan satu sampai dua sendok teh. Keuntungan membeli teh yang sedikit dan sering, kita bisa mencoba lebih banyak teh.

Walaupun teh memiliki tanggal kadaluarsa yang cukup lama, apabila kita tidak menyimpannya dengan benar kandungan dalam teh akan berubah dan manfaatnya bisa berkurang bahkan hilang. Demikian tujuh tips cara menyimpan teh yang bisa anda coba dirumah. Semoga bermanfaat. -H2R-



No comments:

Post a Comment