Cara Sederhana Membuat Teh Jahe Ala Anak Kos Untuk Memenani Musim Hujan

Indonesia sudah mulai memasuki musim penghujan. Tiap hari turun hujan, baik itu pagi, siang, sore, malem maupun sepanjang hari tanpa henti. Setiap turun hujan kadang kita malas melakukan sesuatu, mager istilah zaman now-nya. Yang kita inginkan hanyalah tidur dikasur seharian ditemani selimut yang tebal.
Teh Jahe
Apalagi kita sebagai mahasiswa, kadang untuk berangkat kuliah pun berat rasanya apabila hujan sedang turun. Kos-kosan bagaikan istana yang enggan untuk ditinggalkan. Biasanya saat hujan turun kita memerlukan kehangatan lebih selain selimut dan kasur. Entah itu makanan atau minuman.

Dalam artikel ini saya akan membahas cara membuat Teh Jahe yang gampang dengan bahan-bahan yang hanya tersedia di kos-kosan. Kenapa harus Teh Jahe? Jahe disamping bisa rasa hangat untuk tubuh karena kandungan zingeronnya, jahe juga mempunya beragam macam manfaat seperti vitamin, A, C, E, dan B-kompleks, juga mineral magnesium, fosfor, potasium, besi, zink, kalsium, serta beta-karoten. Dan yang paling penting, jahe juga mudah didapatkan.


Walaupun sebenarnya banyak minuman kemasan yang berbahan baku jahe seperti wedang jahe, jahe susu, teh jahe dan sebagainya. Diartikel ini akan membahas cara membuat teh jahe dengan bahan baku yang alami dan mudah untuk membuatnya. Berikut tata cara pembuatannya.

Bahan-bahan yang digunakan:

Jahe

Jahe
Jahe yang digunakan sesuai selera masing-masing. Bila ingin mendapatkan rasa yang cukup pedas bisa menggunakan lebih banyak jahe begitu pun sebaliknya. Untuk satu gelas teh jahe biasa menggunalan dua ruas jahe sebesar jempol.

Teh

Teh  Melati Indonesia

Teh yang digunakan bisa teh celup maupun teh tubruk. Saran saya pilih teh yang harum melatinya kuat. seperti Teh Dandang.

Gula

Bila yang suka manis bisa ditambahkan gula secukupnya.

Alat-alat yang dibutuhkan:

Heater (pemanas air yang menggunakan listrik)

Biasanya anak kos punya heater dikamar kosnya masing-masing. Jadi, kita cukup menggunakan heater untuk memanaskan air. Lebih simple dan lebih mudah tanpa harus membuatnya didapur.

Gelas dan Sendok

Cara membuat teh jahe

  1. Panaskan air secukupnya atau satu gelas air pada heater.
  2. Bersihkan jahe dengan cara mengupas kulit jahenya sampai bersih. Tips cara mudah membersihkan kulit jahe menggunakan sendok. Kemudian ditumbuk sampai hancur.
  3. Masukan teh teh tubruk atau teh celup pada gelas. Untuk teh tubruk gunakan 2 sendok teh serbuk teh. Kalau teh celup cukup gunakan satu kantong teh celupnya.
  4. Apabila air sudah mendidih, tuangkan pada gelas yang sudah terisi teh tubruk atau teh celup.
  5. Tambahkan jahe yang sudah ditumbuk sebelumnya. Diamkan 3-5 menit dan gelas ditutup.
  6. Selanjutnya tambahkan gula secukupnya bagi yang suka manis.
  7. Teh jahe siap dihidangkan.

Catatan: bagi yang mempunyai kompor atau alat lainnya yang mengeluarkan api, bisa membakar jahenya terlebih dahulu sebelum ditumbuk. Agar aroma jahenya lebih kuat.

Cara membuat teh jahe untuk anak kos yang sangan sederhana bisa kalian praktekan di kos masing-masing. Bisa menemani musih hujan kalian agar tetap hangat. Semoga bermanfaat. -H2R-

No comments:

Post a Comment