Keharuman Melati Teh Jawa Dari Pekalongan

Kenikmatan Teh Jawa
Teh Jawa

Kebiasaan orang Indonesia tidak terlepas dari yang namanya teh. Apalagi beberapa tahun terakhir saya tinggal di Jogja dan sedikit tau kultur Jogja erat dengan yang namanya teh. Tiap pagi sebelum beraktifitas kebanyakan warga jogja minum teh. Saat dirumah tidak tersaji teh, kita bisa mampir sebentar ke angkringan untuk sekedar minum teh sambil bercengkrami dengan warga lainnya. Siang hari saat istirahat atau jam makan siang minum teh atau kalau cuaca Jogja sedang panas-panasnya bisa pesen es teh. Tidak usah khawatir karena setiap tempat makan pasti ada tehnya. Baik itu kaki lima atau restoran bintang lima. Saat malam hari sebelum istirahat juga minumnya teh.


Baca juga: Teh Hijau Bandulan

Salah satu produk teh di Indonesia yaitu Teh Jawa. Teh dengan tagline “Nikmatnya Kesegaran Teh Asli” ini memiliki aroma harum melati yang cukup kuat serta rasanya yang sedikit sepet tidak terlalu pahit. Saat diminum bisa ditambah gula bagi yang suka manis.

Teh Jawa diproduksi oleh PT. Sari Melati Sejahtera yang beralamat di Jl. Karang Malang No 11 Karang Malang, Pekalongan, Jawa Tengah. Tidak hanya itu, Teh Jawa juga merambah bisnis retail melalui CV. Sari Melati Sejahtera Mandiri membuka Counter Teh Jawa dan Cafe Teh Jawa yang biasa kita lihat di minimarket, supermarket, pusat perbelanjaan, maupun di stasiun kereta api.

Sejarah Teh Jawa berawal dari Oey Sioe Tjoen mendirikan perusahaan teh di Ketanggungan Timur, Brebes, dengan nama produk “Angon” yaitu produk teh wangi. Tahun 1980 perusahaan dilanjutkan oleh Tony Haryanto (Oey Tjie Tat) anak kesembilan dari Oey Sioe Tjoen.
Serbuk Teh Melati Jawa
Pada kepemimpinan Tony Haryanto, tahun 1986 mulai memproduksi teh dengan nama “Teh Jawa” hingga saat ini. Teh Jawa mempunya banyak variasi yang awalnya hanya teh wangi kemudian memproduksi Black Tea dan Green Tea. Dalam pengemasan juga banyak berinovasi tidak hanya di kemas serbuk tehnya saja, tetapi ada juga teh celup dan teh dalam bentuk cup.

Untuk bisa menikmati Teh Jawa bisa cari tehnya di pasar atau supermarket, tetapi tidak semua pasar atau supermarket menjual Teh Jawa, jadi harus pinter-pinter mencarinya. Karena merek teh di Indonesia banyak sekali. Tetapi kalau tidak mau panas-panasan ke pasar bisa juga beli di Online Market Place kok. Satu bungkus Teh Jawa dihargai kurang lebih 3500 rupiah. Mungkin tiap tempat berbeda-beda tergantung penjual dan lokasi kita membeli Teh Jawa. -H2R-

3 comments: