Perbedaan Mendasar Antara Teh Hijau dan Matcha yang Jarang Diketahui

Perbedaan Matcha dan Teh Hijau
Teh hijau atau green tea sudah mulai populer di Indonesia. Banyak yang sudah mengkonsumsi teh hijau karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Diantara manfaat-manfaatnya ialah untuk meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan berat badan dan lain-lain. Untuk info manfaat teh hijau bias KLIK DI SINI.

Selain teh hijau ada juga matcha yang persis dengan teh hijau, akan tetapi matcha bukan berupa daun tetapi sudah berbentuk serbuk. Yang menjadi pembahasan kita apakah matcha sama dengan teh hijau? Berikut penjelasan perbedaan keduanya.

Perbedaan Matcha dan Teh Hijau

Matcha maupun teh hijau berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia Sinensis. Yang membedakan dari kedua teh ini adalah cara menanam dan memperosesnya. Teh hijau diperoleh dari daun teh pilihan kemudian keringkan menjadi teh tanpa campuran apapun.

Sedangkan pembuatan matcha harus dipersiapkan sebelum pemetikan daun teh. Sebelum dipanen tanaman teh harus ditutup sekitar 20-30 hari, berfungsi untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Akibat penutupan ini warna daun teh menjadi lebih gelap.

Baca Juga: 4 Merk Teh Hijau Asli Indonesia Yang Mudah Dicari

Daun yang lebih gelap dapat meningkatkan asam amino yang disebabkan klorofil yang ada pada daun berkurang. Setelah panen, batang dan urat halus harus dipisahkan dari daun. Kedua bahan tersebut ditumbuk sampai halus dengan menggunakan batu, sehingga menghasilkan serbuk hijau terang.

Akibat perbedaan proses ini, substansi pada matcha lebih tinggi dari pada teh hijau. Pada saat pengeringan, matcha dikeringkan lebih singkat dari teh hijau untuk menjaga warna tetap hijau terang. Jadi apabila kita mengkonsumsi matcha , berarti kita meminum seluruh kandungan yang ada dalam daun teh bukan hanya berupa daun yang diseduh seperti teh hijau.

No comments:

Post a Comment