27 Manfaat Minum Teh Untuk Kesehatan Yang Jarang Anda Ketahui

Teh merupakan minuman sehari-hari yang sering kita jumpai. Pagi, siang, sore, ataupun malam pasti kita sering menjumpai minuman yang satu ini. Baik itu di tempat makan, di tempat nongkrong, dan diperjalanan sekalipun karena teh mudah untuk didapatkan dan harganya terjangkau. Bahkan teh sudah banyak dibuat dalam kemasanan botol siap minum dengan berbagai macam rasa sehingga membuat kita tidak akan bosan untuk meminumnya. Tapi jangan keseringan meminum teh kemasan, lebih baik kita membuat teh sendiri agar lebih sehat dan bisa mendapatkan banyak manfaatnya.
Apabila membicarakan manfaat teh, ternyata banyak yang tidak ketahui bahwasannya teh mempunyai beragam manfaat. Manfaat itu semua didapat dari kandungan-kandungan yang ada didalam teh. Diantaranya kafein, anti oksidan, asam amino, flouride, dan masih banyak yang laiinya. Berikut 27 manfaat dari minum teh:

27 Manfaat Minum Teh

1. Relaksasi atau mengurangi stres

Manfaat pertama yang kita dapatkan saat minum teh yaitu bisa menghilangkan stres atau untuk relaksasi. Aroma melati yang terkandung dalam teh melati atau aroma vanilai pada teh vanila bisa menghilangkan efek tegang pada saraf saat kita mencium aroma tehnya.

2. Menurunkan berat badan

Banyak yang sedang melakukan program diet, minum teh untuk menurunkan berat badannya. Karena kandungan anti oksidan dan kafein pada teh bisa membakar lemak pada tubuh sehingga mempercepat penurunan berat badan. Teh yang dianjurkan untuk diet yaitu teh hijau, karena kandungan anti oksidannya lebih banyak.

Read More:
Cara Membuat Teh Susu Yang Enak Dan Menyehatkan
Lima Jenis Teh Dan Khasiatnya Bagi Tubuh

3. Obat awet muda

Kandungan anti okdsidan pada teh juga bisa melindungi tubuh dari kerusakan kulit akibat radikal bebas dan memperlambat penuaan. Jadi apabila ingin awet muda, salah satunya dengan mengkonsumsi teh setiap hari.

4. Mencegah kolesterol

Manfaat selanjutnya dari teh adalah untuk mengurangi asam lemak dalam tubuh yang memicu penyakit kolesterol. Dengan berkurangnya asam lemak maka resiko penyakit jantung juga berkurang.

5. Mengatur gula darah

Diabetes timbul akibat dari gula darah yang telalu tinggi. Teh memiliki rasa pahit dan sepat sehingga dengan meminum teh secara rutin bisa mengatur gula darah dalam tubuh.
Manfaat Minum Teh

Selain kelima manfaat yang sudah dijelaskan tadi, masih banyak manfaat lainnya dari minum teh berdasarkan hasil peneltian.

6. Dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi
7. Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit hati
8. Menurunkan resiko terkena stroke
9. Membantu tubuh dalam melawan virus (seperti virus influenza)
10. Dapat menghambat penurunan fungsi syaraf
11. Memperbaiki fungsi kognitif
12. Bermanfaat bagi kesehatan gusi
13. Mencegah sesak nafas
14. Menghilangkan kelelahan dan keletihan
15. Mampu mencegah timbulnya penyakit kanker
16. Mampu mengendalikan pertumbuhan tumor
17. Membantu penyembuhan penyakit kanker
18. Mengurangi resiko timbulnya radang sendi dan reumatik
19. Berfungsi sebagai anti radang tenggorokan
20. Mencegah osteoforosis
21. Mencegah timbulnya alergi
22. Melindungi lever
23. Mencegah hepatitis
24. Membantu menghalangi penyebaran virus HIV
25. Mengurangi bahaya merokok
26. Baik dikonsumsi untuk penderita diabetes
27. Mampu mencegah keracunan makanan

No comments:

Post a Comment