Cara Menyeduh Teh Putih Yang Ideal Agar Manfaatntya Tidak Berkurang

Teh merupakan minuman sejuta umat. Hampir semua orang suka dan sering minum teh. Disamping mudah untuk didapatkan, teh juga memiliki segudang manfaat seperti teh hijau untuk menurunkan berat badan, teh oolong yang untuk mengontrol kadar kolesterol didalam tubuh, dan masih banyak manfaat lainnya.

Serbuk Teh Putih dan Hasil Seduah Teh Putih
Salah satu dari begitu banyak teh, teh yang jarang kita jumpai yaitu white tea atau teh putih. Teh putih berasal dari tanaman yang sama seperti teh hijau, teh melati, atau teh lainnya. Yang membedakan adalah teh putih hanya menggunakan pucuk daun tehnya saja untuk bahan baku teh. Sementara teh lainnya menggunakan pucuk, daun, juga batangnya. Untuk pemetikan pucuk daun tehnya juga tidak sembarang, ada caranya. Itulah mengapa teh putih jarang kita jumpai dan harganya cukup mahal.

Menurut penelitian, teh putih memiliki manfaat lebih banyak dari jenis teh lainnya. Proses pengolahannya yang jauh lebih sedikit dari teh lain membuat teh putih memiliki antioksidan, polifenol, dan katetik tiga kali lebih tinggi. Salah satu manfaat teh putih yaitu anti kanker, melindungi jantung, anti penuaan dini, dan masih banyak manfaat penting lainnya yang berguna bagi tubuh.

Read More:

Untuk mendapatkan semua manfaat yang terkandung dalam teh putih, pada proses penyeduhan teh juga harus benar dan ideal. Berikut cara menyeduh teh putih yang benar:

1. Menggunakan air yang jernih

Gunakan jernih, segar, dan tidak memiliki rasa ataupun bau. Apabila air keran anda memiliki rasa atau yang lainnya disarankan menggunakan air kemasan. Kualitas air yang kurang baik akan merusak teh.

2. Suhu air tidak terlalu mendidih

Air yang dimasak untuk menyeduh teh putih jangan menggunakan air yang mendidih. Karena akan membuat teh terasa pahit. Suhu air kira-kira 80-90 derajat. Jadi setelah air mendidih tunggu sekitar 5 menit agar suhunya turun.

3. Gunakan 1 sendok teh untuk tiap cangkir

Masukan serbuk teh sekitar satu sendok teh ke dalam gelas ukuran 200ml. Tuangkan air panas tadi kedalam gelas.

4. Diamkan sekitar 5 menit

Teh yang sudah diseduh didiamkan sekitar kurang lebih 5 menit. Tergantung selera teh yang diinginkan. Apabila menginginkan lebih pekat bisa lebih lama lagi.

5. Teh putih siap dihidangkan

Teh yang sudah diseduh sekitar 5 menit tadi sudah bisa langsung diminum. Anda bisa menyaring tehnya atau menjadikan teh tubruk sesuai selera.

6. Serbuk teh putih bisa digunakan kembali

Apabila teh hasil seduhan disaring, serbuk teh yang sudah digunakan bisa diseduh kembali.

Seduhan teh putih berbeda dengan seduhan teh laiinya. Setelah diseduh teh putih hanya berwarna putih pucat dengan sedikit rasa pahit. Berikut cara menyeduh teh putih yang ideal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. -H2R-

No comments:

Post a Comment