Teh Kampul Solo Khas Angkringan Kota Solo

Bagi warga Solo dan sekitarnya, pasti sudah tidak asing lagi dengan teh yan satu ini. Iya, Teh Kampul Solo merupakan salah satu minuman yang cukup populer dan banyak disajikan di angkringan-angkringan di Kota Solo dan sekitarnya.

Teh Kampul Solo
Teh Kampul Solo, ada juga yang menyebutnya juga Teh Krampul Solo. Kata Krampul diambil dari Bahasa Jawa yang artinya mengambang atau mengapung. Yang dimaksud mengambang disini adalah potongan jeruk nipis yang dimasukan ke dalam satu gelas teh khas Kota Solo yang mempunyai ciri khas yaitu “nasgite” panas legi dan khentel.

Read More:
- Cara Membuat Teh Kayu Manis dan Manfaat Kayu Manis

3 Racikan Teh Melati Rekomendasi tea-teh.com Part 1

Tapi jangan samakan Teh Kampul Solo dengan Lemon Tea, karena dari segi rasa dan aromanya berbeda. Teh Kampul Solo memiliki rasa asam dari jeruk nipis yang tipis dan cukup minimalis. Karena jeruk nipisnya dibiarkan mengambang dalam segelas teh tanpa harus diperas terlebih dahulu. Kulit jeruk nipis memberikan rasa sedikit pahit dan sepet pada teh.

Bagi yang tinggal diluar daerah Solo tidak usah khawatir tidak bisa menikmati Teh Kampul Solo yang nikmat ini. Anda bisa membuatnya sendiri dirumah, karena membuatnya sangat mudah dan sederhana. Berikut cara membuat Teh Kampul Solo:

Jeruk Nipis

Bahan-bahan


  1. 300 ml air
  2. Teh melati, disarankan menggunakan teh melati yang memiliki karakteristik “nasgitel”. Contohnya seperti Teh Kepala Djenggot dan Teh Gardoe.
  3. Jeruk Nipis
  4. Gula

Cara membuat


  1. Rebus air sampai mendidih
  2. Masukan teh melati ke dalam gelas
  3. Potong jeruk nipis menjadi 8 bagian, untuk Teh Kampul Solo panas menggunakan 2-3 potongan jeruk nipis. Untuk Teh Kampul Solo dingin bisa menggunakan 3-4 potongan jeruk nipis.
  4. Setelah air mendidih masukan kedalam gelas berisi teh
  5. Tunggu 3-5 menit sampai teh berubah menjadi kecoklatan
  6. Saring teh atau bisa dibiarkan daunnya didalam gelas menjadi teh tubruk
  7. Masukan potongan jeruk nipis
  8. Untuk Teh Kampus Solo dingin bisa langsung ditambahkan es batu
  9. Teh Kampul Solo siap untuk dihidangkan -H2R-

No comments:

Post a Comment